Supaya kita dapat memahami cara kerja dari PLC atau programmable logic controller maka kita perlu mengerti siklus scan dari PLC.

Siklus scan dari PLC adalah siklus di mana PLC akan membaca input, menjalankan program, menjalankan diagnosa dan melakukan komunikasi-komunikasi dan memperbarui output. Siklus scan PLC ini merupakan proses yang dijalankan berulang-ulang. Waktu yang digunakan PLC dalam menyelesaikan satu siklus scan disebut scan time dan diukur dalam milli seconds.

PLC memulai scanningnya dengan membaca input, membaca status dari input switch dan input sensor untuk mengetahui mana yang ON dan mana yang OFF untuk input digital dan nilai saat itu jika inputnya analog. Dari nilai-nilai input ini maka PLC akan menjalankan satu atau beberapa program. Setelah itu PLC melakukan komunikasi dengan control network Profibus, Modbus, Ethernet IP dan lain-lain. PLC juga akan melakukan aktifitas diagnosa untuk memastikan seluruh perangkat PLC berjalan dengan baik. PLC kemudian akan mengupdate output sebelum memulai scan yang baru.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Siklus Scan dari PLC pada Otomasi Industri