Memahami bagaimana indra manusia bekerja akan memudahkan kita memahami otomasi dalam industri. Mata, telinga, tangan dan hidung akan memberikan informasi ke otak untuk dapat mengambil keputusan. Begitu juga switch dan sensor akan memberikan informasi ke controller supaya controller melakukan action pada actuator.

Switch ini merupakan komponen listrik yang menghubungkan atau memutuskan arus listrik. Jika kondisi ON maka menghantarkan arus listrik, jika kondisi OFF maka arus listrik diputuskan. Switch ini memiliki dua kategori yaitu manually operated switch dan mechanically operated switch.

Sensor ini akan merasakan kehadiran atau ketidakhadiran suatu object. Sensor ini juga dapat sebagai switch otomatis. Sensor akan mengumpulkan informasi apa yang dirasakan seberapa dirasakan dan disampaikan ke controller. Belajar dari bagaimana indera manusia bekerja, ada berbagai macam sensor misalnya sensor cahaya, sensor suara, sensor suhu, sensor kelembaban dan lain sebagainya. Sensor-sensor ini mengirimkan informasi-informasi, data-data yang bersifat kuantitatif dan kualitatif untuk diteruskan ke controller dan controller melakukan action pada actuator.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Switch dan Sensor pada Otomasi Industri
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday