Dalam melakukan pembelian barang mungkin saja ada biaya lain yang menyertai pembelian tersebut misalnya biaya impor dan biaya pengiriman. Supaya product cost nilainya akurat maka kita perlu menerapkan biaya-biaya ini ke produk yang bersangkutan.
Penerapan Biaya Lain ke Product Cost pada Inventory Odoo ERP adalah seperti pada langkah-langkah berikut ini
- Konsep landed cost
- Mengaktifkan landed cost
- Mengaktifkan Costing Method dan Inventory Valuation pada product category
Memilih product category:
Memilih Costing Methodnya pada Average Cost dan Inventory Valuation pada Automated:
- Seting landed cost pada product type Service
Memilih Service:
Pengisian pada tab General Information:
Pengaktifan landed cost pada tab Purchase:
- Pembuatan purchase order dan penerimaan barang
Confirm RFQ (Request for Quotation):
Receive products:
Validate penerimaan barang:
Receive Order berstatus Done:
- Laporan valuasi inventory
Masuk ke menu Reporting | Valuation:
Tampak nilai barang sebelum penerapan landed cost:
- Mendaftarkan vendor bill
Dari purchase order klik Create Bill:
Menambahkan tagihan biaya lain kemudian Confirm vendor bill ini:
- Penerapan biaya ke product cost dengan landed cost
Dari vendor bill klik Create Landed Costs:
Landed cost yang dihasilkan:
Memilih penerapan landed cost ke transfer barang yang diinginkan:
Melanjutkan pencarian penerimaan barang:
Memilih penerimaan barang:
Memilih split method:
Validate landed cost:
Landed cost yang sudah Posted:
- Laporan evaluasi inventori yang sudah diperbarui secara otomatis
Masuk ke menu Reporting | Valuation:
Tampak ada komponen biaya yang ditambahkan ke product cost:
Halaman-halaman lain berkaitan dengan artikel ini silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/slides/slide/integrate-landed-costs-662
2. https://www.youtube.com/watch?v=Yp4Kl2JAL3Q – Aug 21, 2024
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.
Jika anda tertarik aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini
Penerapan Biaya Lain ke Product Cost pada Inventory Odoo ERP