Untuk menjangkau pasar yang luas setiap perusahaan harus membuat strategi memasarkan produknya. Strategi pemasaran dilaksanakan dengan membuat jalur distribusi yang efisien.
Barang dibagi menjadi dua yaitu barang konsumen dan barang industri.
Barang konsumen
Barang konsumen ini merupakan yang langsung dinikmati oleh konsumen. Jalur distribusi yang mungin adalah:
a. perusahaan – konsumen
b. perusahaan – peritel – konsumen
c. perusahaan – grosir – peritel – konsumen.
Barang industri
Barang industri merupakan barang yang dijual ke perusahaan lain untuk kepentingan pembuatan produk yang lain.
Jalur distribusi yang mungkin adalah:
a. perusahaan – industri
b. perusahaan – grosir – industri
Grosir adalah perusahaan yang membeli barang dari produsen dan menjual kembali kepada peritel. Grosir akan membeli kepada produsen dalam jumlah yang besar sehingga mendapatkan diskon yang besar. Peritel membeli barang dari grosir dalam jumlah yang agak banyak dan menjual kembali kepada konsumen. Konsumen tentu membeli secera eceran.
Grosir juga dapat membeli produk industri dari produsen dan menjual kembali kepada perusahaan industri.
Sebagai seorang pemasar, kita harus memiliki strategi yang berbeda- beda kepada setiap pelanggan dalam jalur distribusi kita. Berhadapan dengan grosir berbeda dengan berhadapan peritel dan juga berbeda dengan konsumen langsung. Menghadapi pelanggan individual juga berbeda dengan menghadapi pelanggan organisasi.
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.