Terkait dengan strategi perusahaan dalam mendapatkan pendapatan sering kita mendengar penjualan dan pemasaran. Kedua arti ini sebenarnya berbeda seperti telah dibahas pada artikel sebelumnya perbedaan antara penjualan dan pembelian.
Perbedaan antara penjualan dan pemasaran adalah
- Penjualan
Karakteristik penjualan adalah:
a. Menekankan produk
b. Perusahaan akan membuat produk dahulu kemudian mencari cara menjual
c. Berorientasi pada volume penjualan
b. Perencanaan bersifat jangka pendek
d. Sangat membutuhkan tenaga penjual - Pemasaran
Karakteristik pemasaran adalah:
a. Menekankan kebutuhan pelanggan dan permasalahan yang dihadapi pelanggan
b. Menentukan kebutuhan pelanggan dan permasalahan pelanggan terlebih dahulu, kemudian baru mengembangkan produk
c. Berorientasi kepada profit penjualan
d. Perencanaan bersifat jangka panjang, pasar masa depan dan pertumbuhan masa depan
e. Lebih membutuhkan pembeli/pelanggan
Kalau kita perhatikan maka penjualan memiliki resiko produknya tidak terjual karena tidak sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Penjualan juga memiliki resiko rugi karena berorientasi kepada volume.
Pemasaran memiliki peluang lebih baik karena sesuai dengan kebutuhan pelanggan, tentu dengan harga yang terjangka pelanggan. Pemasaran mempunyai peluang keuntungan yang lebih baik karena mementingkan keuntungan. Perusahaan yang dapat bertahan adalah perusahaan dengan pemasaran yang berorientasi pelanggan.
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.