Virtualisasi Proxmox VE menyatukan secara kuat komputasi atau compute, penyimpanan atau storate dan jaringan atau networking. Proxmox VE juga mengelola highly available cluster atau kluster dengan ketersediaan tinggi, dan juga backup-restore untuk pemulihan jika terjadi bencana. Semua komponen-komponen ini merupakan software-defined atau dibuat menggunakan software dengan kompatibel antara satu dengan yang lain.

Keunggulan lain Proxmox VE adalah kemudahan tampilan pengelolaan serasa mengelola sebuah sistem saja.

Dengan kemampuan-kemampuan dan keunggulan di atas maka Proxmox VE merupakan pilihan tepat dalam membuat dan mengelola Hyper Converged Infrastructure atau HCI.

HCI atau Hyper Converged Infrastructure sangat berguna pada pembuatan high infrastrusture dengan biaya rendah.  Contoh penggunaan HCI ini untuk melakukan setup server untuk cabang-cabang dan juga pembuatan virtual private cloud dan private public cloud.

HCI atau Hyper Converged Infrastructure Proxmox VE memberikan keunggulan

  1. Skalabilitas
    Dengan menggunakan HCI dari Proxmox VE ini maka penambahan compute, network dan storage mudah dilaksanakan.
  2. Biaya rendah
    Proxmox VE ini open source dan dapat diintegrasikan dengan semua komponen-komponen komputasi, penyimpanan, jaringan, backup dan mangement center. Dengan demikian maka Proxmox VE dapat menggantikan infrastruktur yang mahal.
  3. Efisiensi data dan perlindungan data dengan adanya backup-recovery dan snapshot.
  4. Kemudahan dalam konfigurasi maupun pengelolaan yang terpusat
  5. Bersifat open source sehingga tidak tergantung kepada vendor
  6. Mendukung penyimpanan Ceph yang memiliki fitur self-healing, selg-managing shared,  dapat diandalkan dan skalabilitas tinggi
  7. Mendukung penyimpanan ZFS yang menggabungkan file system dan logical volume manager dengan perlindungan kerusakan data, beberapa mode RAID, snapshot yang cepat

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi https://pve.proxmox.com/pve-docs/pve-admin-guide.html#chapter_hyper_converged_infrastructure .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

HCI (Hyper Converged Infrastructure) dengan Proxmox VE
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday