Kita dapat memulai instalasi Proxmox VE pada satu node kemudian meningkat ke banyak node yang membentuk cluster. Cluster stack ini terintegrasi penuh dengan menggunakan instalasi standar.

Beberapa keunggulan dalam pengelolaan terpusat atau central management pada Proxmox VE ini antara lain

  1. Unique Multi-Master Design
    Tampilan pengelolaan Proxmox VE yang berbasis web ini telah memberikan gambaran menyeluruh mengenai seluruh virtual machine dan container. Tampilan yang berbasis web ini juga memberikan gambar mengenai keseluruhan clutser. Di sini kita dengan mudah mengelola vm dan container, storage dan  cluster dengan tampilan GUI (Graphical User Interface).
  2. Proxmox Cluster File System (pmxcfs)
    Proxmox VE menggunakan file system yang unik yaitu pmxcfs. File system pmxcfs memungkinkan menyimpan ribuan konfigurasi virtual machine. Dengan menggunakan corosync konfigurasi-konfigurasi ini dapat dengan mudah direplikasi secara real time ke seluruh node dalam cluster.
  3. Web-based Management Interface
    Dengan aplikasi web base yang terpusat ini maka pengelolaan Proxmox VE menjadi mudah. Di sini kita tidak perlu menginstal aplikasi lain dalam pengelolaan vm dan container. Pada aplikasi web based ini kita juga dapat melakukan pengelolaan seluruh cluster melalui suatu node. Kita juga dapat melihat history log dari setiap node. Pengelolaan lainnya juga dapat kita laksanakan antara lain backup, restore, live migration dan aktvitas-aktivitas yang terjadi berkaitan HA (High Availability)
  4. Command Line
    Untuk pengguna-pengguna yang sudah berpengalaman, Proxmox VE juga menyediakan CLI atau Command Line Interface untuk pengelolaam semua komponen dari virtual environment yang dimiliki. Command line ini memiliki tab completion yang cerdas dan juha memiliki dokumentasi yang lengkap dalam format UNIX man pages.
  5. REST API
    Untuk kebutuhan integrasi dengan aplikasi lain, Proxmox VE menggunakan RESTful AP dengan format JSON.
  6. Role-based Administration
    Kita dapat mendefinisikan akses ke semua obyek seperti vm, storage, node dan lain-lain menggunakan role based dan permission management.
    Dengan ini maka kita dapat mengawasi penggunaan akses setiap obyek.
  7. Authentication Realms
    Proxmox VE mendukung authentication Microsoft Active Directory, LDAP, Linux PAM dan juga built-in dari Proxmox VE sendiri

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi https://pve.proxmox.com/pve-docs/pve-admin-guide.html#intro_central_management .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengelolaan Terpusat Proxmox VE
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday