Pengertian hubungan dengan pelanggan atau customer relationship adalah seberapa dekat kita akan melayani pelanggan. Semakin dekat kita melayani pelanggan tentu akan membuat biaya besar dan harga juga makin mahal. Tetapi di sisi lain semakin jauh dari pelanggan memang harga akan semakin murah tetapi pelanggan mungkin akan tidak puas dan beralih ke pesaing. Di sini perusahaan perlu bijaksana dalam menentukan seberapa dekat melayani pelanggan karena berhubungan dengan biaya dan harga produk atau layanan kita.

Seberapa dekat hubungan pelanggan sangat ditentukan oleh biaya akuisisi dan biaya memelihara pelanggan. Biaya akuisisi ini juga disebut customer acquisition, sedangkan biaya memelihara pelanggan ini disebut customer retention.

Secara umum customer relationship dibagi menjadi 

  1. Dedicated personal assistance
  2. Personal assistance
  3. Self service

Untuk layanan aplikasi ERP ini kita juga dapat menerapkan ketiga macam customer relationship di atas

  1. Dedicated personal assistance
    Kita dapat memberi tugas di mana tiap seorang staf secara khusus menangani 25 client perusahaan besar.
    Di sini kita ada kunjungan jika diperlukan.
       
  2. Personal assistance
    Di sini kita dapat memberi tugas di mana tiap staf secara rata-rata menangani  50 perusahaan menengah.
    Layanan diberikan adalah konsultasi telepon atau pelanggan datang ke kantor.
       
  3. Self service
    Di sini kita dapat memberi tugas di mana tiap staf rata-rata menangani 100 perusahaan kecil.
    Perusahaan menyediakan segala informasi yang diperlukan agar pelanggan dapat memahami sendiri penggunaan aplikasi sesuai dengan informasi yang diperlukan perusahaan. Layanan pelanggan disampaikan melalui email dan tiket support.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian customer relationship
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday