Untuk memperluas penjualan, perusahaan dapat melakukan penjualan konsinyasi kepada dealer-delar yang ada di berbagai daerah. Secara sistem, proses pemindahan barang yang ada dalam konsinyasi ini adalah perpindahan barang antar gudang dan tidak mempengaruhi data akuntansi sebelum terjadi penjualan. Secara sistem kita membuat seolah-olah kita memiliki gudang yang letaknya ada di dealer tersebut.

Narasi untuk consign order adalah sebagai berikut:

  1. Entry Consign request
    Staf sales mengentry barang-barang yang akan di konsinyasikan kepada suatu dealer.
    Staf sales kemudian mengupdate status menjadi kirim supaya sales manager bisa mengesahkan consign request ini.
    Tabel yang terlibat adalah:
    – consign_request
    – consign_request_item
    Dalam condig_order ini sudah ada harga untuk referensi saja.
    Consign Request merupakan trigger bagi gudang untuk melakukan aktivitas pemindahan konsinyasi dari kantor ke dealer.
  2. Pengesahan consign request
    Sales manager memeriksa consign request yang disampaikan oleh sales kemudian mengesahkannya
  3. Entry consign_order oleh gudang
    Sesuai dengan consing_request yang telah disetujui, bagian gudang akan melakukan pengiriman barang konsinyasi kepada dealer. Untuk melakukan hal ini bagian gudang membuat consign_order.
    Tabel yang terlibat dalam consign_order adalah
    – consign_order
    – consign_order_item
    – consign_order_sn
    Status kemudian diupdate ke kirim supaya disahkan oleh manager gudang
  4. Pengesahan consign order
    Manager gudang kemudian mengesahkan consign order dan pada proses ini akan memindahkan barang dari gudang perusahaan ke dealer.
    Pada proses ini jumlah barang di gudang kantor akan berkurang dan jumlah barang di dealer akan bertambah.
    Pada proses ini juga dicetak surat jalan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Narasi consign order