Narasi untuk sales order adalah
Untuk Konsinyasi:

  1. Sales mengentry sales order di sofware
    Pertama-tama dia akan tipenya yaitu berasal dari konsinyasi kemudian memilih dealer.
    Kemudian dia akan memasukkan sn-sn  yang telah terjual. Dari sn-sn inilah akan muncul nama barang dan harganya.
    Harga ini sesuai harga dalam consign_request tetapi bisa diedit.
    Tabel yang terlibat adalah:
    – sales_order
    – sales_order_item
    Discount dan PPN mengenai sales order ini ada dalam tiap-tiap item sehingga memudahkan dalam pembuatan invoice saat pengiriman surat jalan.
  2. Pengesahan sales_order
    Manager mengesahkan sales order
  3. Entry send order (pengiriman barang)
    Pada proses ini bagian gudang akan melakukan proses pengiriman barang untuk mengurangi jumlah barang yang ada di gudang dealer. Staf akan mengentry kemudian input ini akan diteruskan kepada manager gudang untuk dilakukan pengesahan.
  4. Pengesahan send_order
    Pada proses ini akan mengubah jumlah barang di dealer
    Data akuntansi yang terupdate:
    – hpp (debit)
    – inventory (credit)
    Secara default juga (kecuali disetting lain) akan tercreate invoice_customer yang mengupdate data akuntansi
    – ar (debit)
    – revenue (credit)

Penjualan langsung:

  1. Sales mengentry sales order di sofware
    Pada tahap ini sales akan menginput informasi penjualan dan barang yang akan dijual.
    Tabel yang terlibat adalah:
    – sales_order
    – sales_order_item
    Discount dan PPN mengenai sales order ini ada dalam tiap-tiap item sehingga memudahkan dalam pembuatan invoice saat pengiriman surat jalan.
  2. Pengesahan sales_order
    Manager mengesahkan sales order
  3. Entry send order (pengiriman barang)
    Pada proses ini bagian gudang akan melakukan proses pengiriman barang untuk mengurangi jumlah barang yang ada di gudang kantor. Staf akan mengentry kemudian input ini akan diteruskan kepada manager gudang untuk dilakukan pengesahan.
  4. Pengesahan send_order
    Pada proses ini akan mengubah jumlah barang di kantor
    Data akuntansi yang terupdate:
    – hpp (debit)
    – inventory (credit)
    Secara default juga (kecuali disetting lain) akan tercreate invoice_customer yang mengupdate data akuntansi
    – ar (debit)
    – revenue (credit)

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Narasi sales order