Dalam menjalankan usaha kita, kita akan berjumpa dengan pihak lain yang menyediakan barang atau jasa yang akan kita gunakan untuk menjalankan bisnis kita. Salah satu interakasi dalam berbisnis adalah pembelian barang atau jasa dari pihak lain.
Dalam membuat aplikasi akuntansi ini, kita akan merancang tabel pembelian sebagai berikut:
- purchase_order
– po_id
– vendor_id
– po_date
– cd_status
– receive_status
– price_total - purchase_item
– po_item_id
– po_id
– item_type: 1.barang 2.jasa
– coa_id (if jasa)
– item_id
– qty
– qty_receive
– price
Jika barang termasuk office_supply kemudian masuk gudang tipe office supply maka akan terupdate ke account office supply.
Pada saat ada barang pindah dari gudang tipe inventory ke gudang tipe office_supply, maka account office supply debit dan account inventory credit.
Demikian juga untuk gudang tipe fixed asset.
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.
Tabel untuk pembelian barang atau jasa