Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan kemungkinan memiliki layanan untuk perbaikan maupun layanan pemeliharaan. Sebagai contoh produsen laptop memiliki jasa layanan untuk perbaikan laptop yang rusak, perusahaan smartphone yang memiliki jasa perbaikan smartphone. Perusahaan otomotif memiliki jasa pemeliharaan kendaraan secara berkala. Kita akan menggunakan Ultima ERP untuk mengerjakan proses bisnis ini.

Proses bisnis jasa perbaikan dan maintenance ini adalah

  1. Pelanggan mendatangi perusahaan dan perusahaan memasukkan aktifitas ini di Repair Order
  2. Perusahaan membuat invoice untuk Deposit dalam Repair Invoice
  3. Pelanggan membayar dan dicatat dalam Repair Deposit
  4. Pesanan perbaikan atau keluhan dimasukkan dalam Repair Item
  5. Pemakaian atau penggantian komponen kemudian dicatat dalam Repair Item Acitivity
  6. Jasa layanan kemudian dicatat juga di dalam Repair Item Acitivity
  7. Setelah selesai, Repair Item kemudian diaplikasikan secara otomatis ke Direct Sales Delivery, kemudian Sales Invoice, Apply Repair Deposit
  8. Pelanggan kemudian membayar dan dicatat di dalam menu Sales Payment

Pada saat barang yang akan diperbaiki atau dipelihara secara rutin masuk tentu tidak akan menambah catatan maupun inventory perusahaan. Di sini perusahaan perlu memiliki catatan barang milik customer-customer yang sedang ditangani perususahaan.

Itulah penanganan proses bisnis yang terintegrasi dalam Ultima ERP.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Proses Bisnis Jasa Perbaikan

Odoo ERP merupakan aplikasi lengkap untuk otomatisasi proses bisnis perusahaan anda.
Jika anda tertarik dengan Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday