Dalam menjalankan bisnisnya perusahaan biasa meminta uang muka sebelum mengirimkan barang atau memberikan layanannya. Secara pembukuan akuntansi maka perusahaan belum dapat mengakuinya sebagai pendapatan tetapi sebagai kewajiban. Kemudian pada akhir periode akuntansi ada sejumlah nilai yang dapat diakui sebagai pendapatan sesuai dengan produk yang sudah dikirimkan atau jasa yang sudah diberikan kepada pelanggan. Dengan demikian maka pada akhir periode akuntansi perlu jurnal penyesuaian jenis deferred revenue.
Jika kita menggunakan program akuntansi biasa maka jurnal penyesuaian ini harus dimasukkan secara manual. Ini terjadi karena operasional perusahaan dicatat secara manual atau dijalankan pada aplikasi yang tidak terintegrasi dengan sistim informasi akuntansi perusahaan. Inilah kelemahan dari proses bisnis yang tidak terintegrasi dengan data keuangan perusahaan
Dengan menggunakan aplikasi Ultima ERP maka kita tidak perlu membuat jurnal penyesuaian deferred revenue ini secara manual. Pada Ultima ERP kita dapat melakukan otomatisasi deferred revenue dengan menjalankan
- Sales Deposit
Pada Sales Deposit ini kita akan memasukkan transaksi penerimaan uang muka dari pelanggan. Aplikasi Ultima ERP kemudian akan melakukan jurnal secara otomatis kas pada kewajiban.
- Sales Delivery
Pada saat sales delivery ini maka pendapatan diakui. Aplikasi Ultima ERP akan membuat jurnal piutang belum ditagih pada pendapatan
- Sales Invoice
Pada menu sales invoice ini kita akan menagih pelanggan sesuai dengan produk atau jasa yang sudah kita berikan pada sales delivery. Ultima ERP akan membuat jurnal piutang pada piutang belum tertagih
- Apply Sales Deposit
Kita tentu harus mengurangkan Sales Deposit ini pada Sales Invoice. Pada saat ini Ultima ERP akan membuat jurnal kewajiban pada piutang, dengan demikian kewajiban dan piutang akan berkurang
Demikianlan pengertian mengenai jurnal penyesuaian deferred revenue dan proses otomatisasi dengan Ultima ERP.
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.