Kita sudah membicarakan mengenai klasifikasi-klasifikasi dalam income statement. Pada artikel tersebut membicarakan mengenai net sales dan gross profit. Gross profit ini merupakan kemampuan menajemen untuk menjual produk di atas harga pokok penjualan. Para analis kemudian akan menilai berapa persen gross profit ini dibandingkan dengan net sales. Perbandingan atau rasio antara gross profit dengan net sales ini disebut dengan gross profit percentage.

Pada Ultima ERP Indonesia kita dapat melihat rasio Gross Profit Percentage pada Income Statement seperti gambar berikut ini

Secara umum ada dua strategi perusahaan dalam merancang produk yaitu

  1. Produk premium
    Perusahaan membuat produk premium yang bagus dengan harga mahal dengan gross profit yang tinggi.
    Produk premium ini tentu memiliki Gross Profit Percentage yang tinggi. Tetapi produk premium biasanya memiliki biaya riset dan pemasaran yang tinggi yang kalau tidak hati-hati juga dapat menekan net income
  2. Produk masal yang murah
    Pada strategi produk masal yang murah perusahaan akan menekan harga pokok penjualan serendah-rendahnya dan juga nilai jual yang sekompetitif mungkin agar menang di pasaran. Pada strategi produksi masal ini biasanya memiliki Gross Profit Percentage yang rendah

Untuk membuat analisa yang lebih baik perusahaan dapat membandingkan rasio gross profit percentage ini dengan periode-periode sebelumnya dan juga dengan perusahaan-perusahaan lain pada industri yang sama. Dari analisa ini sedapat mungkin dapat digunakan sebagai masukan kepada perusahaan untuk meningkatkan gross profit percentage yang meningkatkan net income sehingga memungkinkan perusahaan dapat bertumbuh.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian Gross Profit Percentage
Tagged on:

Odoo ERP merupakan aplikasi lengkap untuk otomatisasi proses bisnis perusahaan anda.
Jika anda tertarik dengan Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday