Setiap organisasi pasti memiliki keterbatasan sumber daya, dengan demikian peningkatan kualitas Sistem Informasi Akuntansi memiliki peluang untuk memberikan keberhasilan dalam hal keuangan. Mengambil keputusan yang tepat memerlukan pemahaman menyeluruh terhadap keseluruhan strategi perusahaan.

Tiga hal yang mempengaruhi perancangan Sistem Informasi Akuntansi yaitu

  1. Pengembangkan teknologi informasi perusahaan
  2. Strategis bisnis yang dijalankan perusahaan
  3. Budaya organisasi

Rancangan dan penerapan Sistem Informasi Akuntansi mempengaruhi budaya perusahaan terutama dalam aliran informasi dari proses bisnis dan juga informasi-informasi keuangan perusahaan.

Penerapan Sistem Informasi Akuntansi juga mempengaruhi budaya kerja perusahaan yang sebelumnya manual menjadi otomatis. Pada saat manual pasti banyak hal yang sulit dievaluasi, sedangkan saat segala sesuatu terotomatisasi dengan Sistem Informasi Akuntansi maka banyak hal bisa dengan mudah dievaluasi berdasarkan laporan yang dihasilkan oleh Sistem Informasi Akuntansi. Hal ini tentu akan membuat budaya kerja yang sebelumnya berpeluang santai menjadi tidak lagi santai karena mudahnya melakukan evaluasi kinerja berdasarkan informasi yang dihasilkan oleh Sistem Informasi Akuntansi.

Penerapan internet bersamaan dengan Sistem Informasi Akuntansi juga dapat secara drastis mengubah strategi perusahaan karena penghematan besar yang dapat dijalankan perusahaan. Dengan berkembangnya infratruktur cloud maka perusahaan dapat menghemat pengeluaran untuk Sistem Informasi Akuntansi dalam hal infrastruktur server dan tenaga ahli sistem informasi. Dengan penghematan yang besar ini perusahaan dapat ikut masuk pada strategi perusahaan pada area low cost strategi.

Dengan adanya Sistem Informasi Akuntansi perusahaan memiliki informasi yang akurat tentang apa yang sudah dijalankan perusahaan dan juga hasilnya. Perusahaan dapat membuat evaluasi dengan data yang akurat dan dapat membuat analisa ke depan dengan lebih teliti dan tentu dapat memiliki peluang hari depan yang lebih baik.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Sistem Informasi Akuntansi dan Strategi Perusahaan

Odoo ERP merupakan aplikasi lengkap untuk otomatisasi proses bisnis perusahaan anda.
Jika anda tertarik dengan Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday