Receipt dengan Dua Langkah pada Inventory Odoo ERP

Oct 17, 2022 | 04-Inventory

Perusahaan mungkin memiliki kebijakan penerimaan barang di suatu lokasi tertentu untuk pernghitungan dan pengecekan dan kemudian baru dilakukan proses internal transfer.

Langkah-langkah penerimaan dengan dua langkah pada Inventory Odoo ERP adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini

  1. Mengaktifkan multi routes

    Kita masuk aplikasi Inventory dan masuk ke menu Configuration | Settings dan mengaktifkan fitur Multi-Step Routes.
  2. Seting two steps pada Warehouse

    Masih di aplikasi Inventory kita masuk ke Configuration | Warehouse dan pada Incoming Shipments kita memilih ‘Receive goods in input then stock (2 steps)’.


    Pengaktifan 2 step pada warehouse akan membuat sebuah location yaitu Input seperti pada gambar di atas. Kita dapat mengakses Location ini dari menu Configuration | Locations.
  3. Informasi receipt pada purchase order

    Kita kemudian masuk ke aplikasi Purchase, membuat purchase order dan mengesahkan dengan CONFIRM. Setelah purchase order disahkan maka akan menghasilkan sebuah Receipt.
  4. Proses Receipt

    Kita kemudian masuk ke dashboard dari aplikasi Inventory dan kemudian memproses Receipts seperti pada gambar di atas.


    Kita kemudian melanjutkan VALIDATE untuk receipt ke location Input ini.
  5. Proses internal transfer

    Kita kemudian masuk ke dashboard dari aplikasi Inventory dan memproses Internala Transfers seperti pada gambar di atas.


    KIta kemudian melakukan VALIDATE untuk Internal Transfer dari location Input ke location Stock seperti pada gambar di atas.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi https://www.odoo.com/documentation/master/applications/inventory_and_mrp/inventory/management/incoming/two_steps.html .

Kunjungi www.proweb.co.id/implementasi-odoo/ untuk menambah wawasan implementasi Odoo.

Odoo ERP merupakan aplikasi lengkap untuk otomatisasi proses bisnis perusahaan anda.
Jika anda tertarik dengan Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini