Penerapan Biaya Tambahan pada Product Cost Odoo ERP

Jun 1, 2023 | 04-Inventory

Ketika kita membeli barang dari vendor mungkin kita perlu membayar tagihan-tagihan berkaitan dengan pembelian barang tersebut misalnya ongkos kirim, biaya asuransi biaya bea cukai dan sebagainya. Supaya perhitungan product costnya akurat maka kita perlu menerapkan biaya-biaya tersebut ke dalam product cost.

Penerapan landed cost dalam inventory Odoo ERP adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini

  1. Aktiflkan Landed Costs

    Kita masuk ke aplikasi Inventory dan masuk ke menu Configuration | Settings untuk mengaktifkan fitur Landed Costs.
  2. Menerima Vendor Bills

    Pada item yang berisi landed costs kita dapat menandai Landed Costs seperti pada gambar di atas.
  3. Seting landed cost pada product

    Supaya lebih terotomatisasi maka kita dapat menandai landed costs pada level productnya seperti pada gambar di atas.
  4. Penerapan landed cost ke penerimaan barang

    Dari dokumen purchase order kita dapat memulai penerapan landed cost dan memilih penerimaan barang mana saja yang akan diterapkan update pada product costnya.
  5. Jurnal yang dihasilkan

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/documentation/15.0/applications/inventory_and_mrp/inventory/management/reporting/integrating_landed_costs.html .
2. https://www.proweb.co.id/articles/odoo-inventory/landed-cost.html .

Kunjungi www.proweb.co.id/implementasi-odoo/ untuk menambah wawasan implementasi Odoo ERP.

Odoo ERP merupakan aplikasi lengkap untuk otomatisasi proses bisnis perusahaan anda.
Jika anda tertarik dengan Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini