Metode Pengiriman Barang pada Odoo ERP
Odoo ERP dapat menangani berbagai metode pengiriman tetapi metode ini tidak aktif secara default. Metode pengiriman ini dapat digunakan pada sales order, delivery dan juga dalam e-commerce. Pada metode pengiriman ini kita akan melakukan pengelolaan perusahaan...
Penerapan Biaya Tambahan pada Product Cost Odoo ERP
Ketika kita membeli barang dari vendor mungkin kita perlu membayar tagihan-tagihan berkaitan dengan pembelian barang tersebut misalnya ongkos kirim, biaya asuransi biaya bea cukai dan sebagainya. Supaya perhitungan product costnya akurat maka kita perlu menerapkan...
Penilaian Persediaan pada Inventory Odoo ERP
Jumlah barang yang ada di gudang persediaan berkontribusi kepada penilaian persediaan atau inventory valuation yang muncul pada laporan keuangan perusahaan pada bagian asset. Pada seting default Odoo menggunakan metode manual. pada metode manual ini...
Expiration Date atau Tanggal Kadaluwarsa pada Inventory Odoo ERP
Ada bisnis-bisnis yang menyediakan produk-produk yang memiliki tanggal kadaluwarsa sehingga kita perlu melakukan pemeliharaan-pemeliharaan berkaitan dengan expiration date ini. Expiration date atau tanggal kadaluwarsa pada Odoo ERP adalah seperti pada...
Penggunaan Lot Number pada Inventory Odoo ERP
Penggunaan lot adalah jika kita menerima barang dalam jumlah yang besar dimana lot number dapat digunakan dalam pelaporan, pengecekan kaulitas dan informasi-informasi lain. Lot number juga dapat digunakan untuk pelacakan yang akurat andaikata ada kegagalan dalam suatu...
Konfigurasi Product dan Payment pada POS Odoo ERP
Point of Sale atau POS dari Odoo ERP merupakan aplikasi yang terintegrasi yang dapat melakukan penjualan bahkan dalam keadaan offline atau tidak terhubung ke internet. Dalam program POS ini akan mengupdate penjualan dan juga pergerakan stok barang yang dijual ke...
Tahapan Implementasi Odoo ERP pada Manufaktur
Untuk implementasi Odoo ERP industri manufaktur ini pertama-tama PT Proweb Indonesia akan mendengarkan kebutuhan pelanggan. Setelah mendengarkan pelanggan maka akan meneruskan dengan demo secara umum proses industri manufaktur. Dari sinilah digali kebutuhan-kebutuhan...
Siklus Penghitungan Inventory pada Odoo ERP
Secara umum perusahaan akan menghitung manual inventorinya setiap satu tahun sekali dan itu mengapa kita melihat informasi scheduled date pada inventory adjustment setiap akhir tahun atau tanggal 31 Desember. Meskipun ada beberapa bisnis yang memiliki kepentingan...
Inventory Adjustments atau Stock Opname pada Odoo ERP
Pada sistem pengelolaan inventory dalam pergudangan ada kemungkinan perbedaan kuantitas barang yang ada pada catatan aplikasi maupun kuantitas nyata. Perbedaan ini bisa terjadi karena barang rusak, kesalahan manusia atau human error, pencurian atau faktor-faktor lain....
Pengertian Make to Order (MTO) dan Reordering Rules pada Odoo ERP
Pada Odoo ada dua strategi pengisian barang atau replenishment inventory yaitu Make to Order atau MTO dan Reordering Rules. Pengertian Make to Order (MTO ) dan reordering rules pada Odoo ERP adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini Make to Order atau MTO...