Ketika kita membeli barang dari vendor mungkin kita perlu membayar tagihan-tagihan berkaitan dengan pembelian barang tersebut misalnya ongkos kirim, biaya asuransi biaya bea cukai dan sebagainya. Supaya perhitungan product costnya akurat maka kita perlu menerapkan biaya-biaya tersebut ke dalam product cost.
Penerapan landed cost dalam inventory Odoo ERP adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini
- Aktiflkan Landed Costs
Kita masuk ke aplikasi Inventory dan masuk ke menu Configuration | Settings untuk mengaktifkan fitur Landed Costs.
- Menerima Vendor Bills
Pada item yang berisi landed costs kita dapat menandai Landed Costs seperti pada gambar di atas.
- Seting landed cost pada product
Supaya lebih terotomatisasi maka kita dapat menandai landed costs pada level productnya seperti pada gambar di atas.
- Penerapan landed cost ke penerimaan barang
Dari dokumen purchase order kita dapat memulai penerapan landed cost dan memilih penerimaan barang mana saja yang akan diterapkan update pada product costnya.
- Jurnal yang dihasilkan
Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/documentation/15.0/applications/inventory_and_mrp/inventory/management/reporting/integrating_landed_costs.html .
2. https://www.proweb.co.id/articles/odoo-inventory/landed-cost.html .
Kunjungi www.proweb.co.id/implementasi-odoo/ untuk menambah wawasan implementasi Odoo ERP.